TUGAS 2 - MK STUDI KEBANTENAN

 Banten Girang

    Halo teman teman mcdin! oiya mulai sekarang panggil aku mcdin yaaa hihihi, aku balik lagi untuk menulis dan bercerita kepada teman - teman nih sekaligus sharing juga sih apa kegiatanku di minggu lalu, di sini aku mau bercerita sedikit nih tentang minggu kemarin aku ke banten girang, hari Minggu, 12 September 2021 aku pergi ke kota Serang. Aku berangkat dari rumah jam 9 pagi setelah sampai di serang aku ke rumah temanku karena aku menunggu teman yang lain juga, sambil menunggu biar tidak awkward dan tidak bosan aku dan temanku mendengarkan lagu dan menyanyi, jadi tujuan aku ke serang adalah ke tempat bersejarah di Banten yaitu, Banten Girang. Banten Girang adalah sebuah dataran tinggi yang ada di daerah desa sempu, serang. Kota tua yang ditandai dengan  makam keramat yang dinamai sebagai makam ki jongjo, katanya makam ini makam kakak beradik ki jong dan agus jo yang dijadikan satu sebagai pemeluk agama Islam pertama di Banten. Berikut di bawah ini adalah gerbang awal makam ki jongjo. 




    Sesampainya di makam aku hanya merekam dari luar karena tidak sempat masuk ke dalamnya soalnya waktu itu udah mendung sekali dan mengejar waktu juga karena harus ke goa dan punden berundak juga. Perjalanan dari makam ke goanya kira kira sekitar kurang lebih 1 km, nah pas sekali di depan goa nya ada sungai cibantu, sungai ini sungai bersejarah hulunya itu ada di gunung karang dan muaranya ada di sarang hantu. Goa ini juga sudah ada sebelum kesultanan banten jadi goa di banten girang adalah goa tertua, di dalemnya juga ada 3 kamar, kamar pertama, kamar kedua kolam untuk bersuci, kamar ketiga tempat pertapaan. 




    Gambar diatas adalah foto goa tertua yang ada di banten girang. Setelah dari goa tertua aku dan teman temanku menuju ke punden berundak tetapi sebelum itu tidak lupa kami foto dulu untuk dokumentasi kalau kami sudah melaksanakan tugasnyaa, nih aku liatin yaa sekaligus aku kenalin juga teman temanku ke kalian.


    Nah setelah berfoto kita menuju punden berundak, karena sudah gerimis juga jadi kita tidak bisa lama lama di goanya. Aku juga mau ngasih sedikit info tentang punden berundak nih, punden berundak merupakan peninggalan hindu, menurut info yang aku dapatkan punden berundak ini berada tak jauh dari tepi sungai cibanten yang konon pada jaman dahulu bisa dilayari sepanjang13 km dari teluk banten sampai ke banten girang. tinggi punden berundak itu sekitar 5 meter dari permukaan tanah, apabila dipandang dari dasar sungai yang cukup tinggi. 


    Maaf nih guys, mungkin digambar di atas tidak terlalu terlihat punden berundaknya karena tertutup oleh daun daun dan memang tidak ada yang merawatnya juga, maka dari itu guys aku berharap kalau kalian ke sini kasih sumbangan yaa walaupun sedikit tetapi itu sangat berarti untuk penjaganya.

    Segitu dulu guys sharing info tentang banten girang dari aku, walaupun sedikit tetapi semoga bisa bermanfaat bagi teman teman yaaa, tapi aneh rasanya kalau blog ini tidak diakhiri cerita pengalamanku selama di sana, yuk simak ceritanya😋.

Sebelumnya kan aku sudah bilang ke kalian yaa kalau waktu aku sesampainya di makam banten girang itu sudah mendung lalu selama perjalanan menuju goa nya itu ternyata sudah gerimis tetapi untungnya sampai goa belum besar banget hujannya, nah karena kita mengejar waktu juga dan takutnya hujan deras kita dari goa langsung cepat cepat menuju ke punden berundak, setelah dari punden berundak saat perjalanan ingin pulang pas sekali tiba tiba hujan deras.


    Nah foto di atas adalah foto yang aku dokumentasikan saat aku dan teman temanku kehujanan dan melipir ke pinggir, lalu untungnya ada warga sekitar yang berbaik hati menawarkan untuk menepi terlebih dahulu sampai hujannya mereda.


Yeaayy akhirnya ceritaku selesai guys, itulah perjuangan kita untuk memenuhi tugas mata kuliah studi kebantenan ini, walaupun lelah tetapi di sisi lain aku senang juga karena bisa ketemu teman teman baruku, mendapatkan pengalaman baru, dan mendapatkan ilmu baru juga guys, jadi hari mingguku cukup produktif gaa rebahan di kasur mulu, hehehe. Sekian cerita dari aku guys sampai bertemu dicerita cerita selanjutnya yaaa, byeee.

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS 1 - MK STUDI KEBANTENAN