TUGAS 1 - MK STUDI KEBANTENAN

 Banten Yang Kutahu

Halo teman teman semuanya! kenalin nama aku Raden Sandrina Kusuma Ghaisani, but you can call me Andin. i was born at Bogor, 5th November 2002. tetapi aku dibesarkan di Cilegon, Banten. Aku sangat bersyukur tinggal di Cilegon karena aku bisa mengenal lebih luas budaya Indonesia terutama di Banten, banyak sekali tempat bersejarah dan kuliner enak di sini, contohnya Masjid Agung Banten, terutama aku suka sekali makanan makanan khas banten, ada sate bandeng, otak - otak labuan, mie laksa tanggerang, leumeung, dan masih banyak lagi makanan enak lainnya. Oiya tidak hanya tempat bersejarah dan kuliner loh.. banten juga memiliki tari khas daerah, yaitu, Tari Bendrong Lesung dan ada alat musik daerah juga. 

                                            Instagram/@surya_ash12 via TribunTavel                                     

Selain itu Banten juga terkenal dengan suku baduy, suku baduy ini terbagi menjadi 2 suku, yaitu ada baduy luar dan baduy dalam. perbedaannya adalah kalau baduy luar sudah terkontaminasi oleh budaya luar, seperti adanya teknologi dengan memakainya barang elektronik, memakai sabun, membolehkan tamu dari luar negeri berkunjung ke baduy luar serta membolehkannya menginap tetapi kalau baduy dalam masih memegang teguh adat dan menjalankan aturan aturan baik yang sudah ditentukan. Ada juga perbedaan dalam segi berpakaian, baduy luar memakai pakaian serba hitam sedangkan baduy dalam mengenakan pakaian serba putih, karena mereka menganggap putih adalah warna yang suci sehingga melambangkan kesucian dan tidak terpengaruh oleh budaya luar. 

Saking serunya membahas suku baduy saya lupa menjelaskan tentang ibu kota Banten. Kota Serang adalah ibu kota dari provinsi Banten. Kota Serang sering disebut kota santri karena masih kentalnya agama Islam dibanding kota kota lainnya yang berada di Banten, kota Serang dikenal sebagai pusat peradaban Kerajaan Banten di masa lalu selain itu kota Serang juga strategis menjadi jalur utama perbatasan penghubung antara pulau jawa dan pulau sumatera.

Debus Banten foto perpek.com

Oiyaa.. teman teman kalian tau ga sih? banten juga terkenal dengan keseniannya loh, ada yang tau ga kira kira apa yaaa? iyaa.. betull, DEBUS, siapa sih yang gatau debus? debus merupakan kesenian bela diri masyarakat sunda banten. Kesenian debus ini mempertunjukkan kemampuan manusia yang kebal terhadap benda benda tajam atau benda benda berbahaya, seperti pisau, air keras, api, golok, dan lain lainnya. Debus ini sudah berkembang sejak abad 18, tidak hanya sekadar kesenian saja debus juga mempunya tujuannya loh teman teman yaitu, menyebarkan agama Islam kemudian berkembang sebagai media untuk menyemangati masyarakat Banten saat menghadapi penjajahan belanda pada masa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa. 

Karena daritadi sudah membahas suku baduy, ibu kota provinsi banten, sampai menjelaskan tentang kesenian banten. Sekarang saya akan menjelaskan salah satu makanan kuliner khas banten, yess benar sate bandeng, walaupun di awal saya sudah menyinggung sedikit tentang makanan kuliner banten tetapi saya belum menjelaskannya kannn? yuk langsung saja disimak yaa..


- Sate Bandeng khas Banten. (Pesona.Travel/Jaka Thariq)

Sate Bandeng ini makanan khas Serang loh.. rasanya enaakk bangeet, buat kalian yang belum coba, hmm nyesel dehh yuukk cuuss langsung ke Banten aja buat nyobain sate bandengnya. Sate ini terbuat dari daging ikan Bandeng yang telah dihilangkan durinya kemudian dagingnya dibumbui dan dimasukkan ke dalam kulitnya, dijepit dengan bambu lalu dibakar di atas bara api. Cara mengolah sate bandeng ini sudah dilakukan sejak abad 16 oleh juru masak Kerajaan Banten Girang lhoo teman teman. Sate bandeng bisa tahan hingga tiga hari, mangkanya para pencinta kuliner banten nih sering menjadikan sate bandeng ini sebagai salah satu oleh oleh dari Banten. Gimana nih teman teman jadi ngiler ga sih abis baca sedikit penjelasanku tentang sate bandeng? aku yang ngetik aja jadi mau makan nih karena rasanyaa mmmm enak bangeet!!

Gambar dari viva.co.id

Setelah aku membahas tentang perbantenan aku mau cerita nih tentang pengalamanku memakan pecak bandeng di Serang. Jadi waktu SMA, aku pergi ke serang untuk melakukan pelatihan tentang kesehatan di salah satu kantor yang ada di serang, aku kesana bersama adek tingkat aku dan salah satu guruku lalu karena kami dari cilegon dan tidak hafal menuju tempatnya jadi kami memutuskan untuk memakai google maps dan kebetulan sekali karena saya duduk di depan jadi saya yang disuruh menunjukkan jalannya, fun factnya adalah saya salah mendetect tempat yang ingin kita tuju jadi kami semua nyasar alhasil datang terlambat ke tempat tujuan yang sebenarnya :) lalu sepulangnya kami dari pelatihan, kami mampir terlebih dahulu untuk makan siang di "Rumah Makan Pecak Bandeng" awalnya saya ragu untuk makan di sana tetapi ternyata setelah saya mencobanya saya langsung jatuh cinta sama pecak bandeng😍 karena ikan tanpa duri jadi saya sukaaa sekali dan tidak usah repot - repot untuk memisahkan durinya, oiyaa.. sambelnyaa ga kalaah enak juga lhoo!! otak otaknya juga saya suka bangett buktinyaa saya menghabiskan 5 otak - otak dan memesan kembali untuk membawa pulang oleh - oleh otak - otaknya. Saya tidak menyesal ikut pelatihan tersebut karena pulangnya saya makan pecak bandeng paling enak yang pernah saya makan🤤 sampai sekarang saya suka ngidam pecak bandengnya tetapi tidak kesampaian untuk memakannya lagi😞.

Aku mau cerita sedikit lagi nih tentang pengalaman pertamaku naik angkot dari Cilegon ke Serang, waktu itu tahun 2020 awal tepatnya bulan januari, aku mengikuti salah satu acara, nama acaranya UDO (university day out), karena aku tinggal di Cilegon dan tidak ada yang mengantar juga jadi aku mau tidak mau naik angkot, sebenarnya waktu itu aku janjian sama pacar aku yang sekarang udah jadi mantan heheheheh tetapii ternyata dia tidak jadi ikut?! kesel banget kan?! akhirnya mengharuskan aku untuk pergi sendiri untungnya sebelum aku berangkat ibuku sudah memberi tau jalan menuju tempatnya agar aku tidak nyasar, and fortunately, supir angkotnya baik sekali karena sudah menurunkanku pas di depan pintu gerbang di tempat acaranya and finally aku sampai ditujuan dengan selamat😉

Setelah aku bercerita banyak nih, aku mau dong mendengar cerita unik kalian selama di Banten apa sih? aku juga pengen dongg mendengar cerita cerita unik kalian😋 aku tunggu yaa! silahkan yang ingin sharing tentang cerita kalian bisa yuk di isi di kolom komen yaa!!


BANTEN YANG KUDAMBAKAN

Aku berharap semoga masyarakat di luar Banten bisa berkunjung ke salah satu kota yang berada di Banten, seperti mencicipi makanan khas Banten dan bisa melihat - lihat sejarah Banten, karena Banten sendiri tidak kalah kerennya dengan provinsi lainnya.

Aku sampai lupa menjelaskan wilayah anyer yang ada di Cilegon, pantai - pantai yang berada di kawasan sekitar anyer sebenarnya sangat indah sekali tetapi karena tidak terawat oleh masyarakatnya jadi terlihat jelek, kumuh, dan tidak enak dipandang

Ilustrasi - ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Seperti contoh di atas, miris sekali bukan? apalagi dilaut banyak sekali ikan ikannya, coba bayangkan dari ribuan sampah yang tertimbun kemakan oleh hewan hewan? bisa bisa tidak hanya merusak lingkungan saja tetapi akan merusak ekosistem laut juga. 

Maka dari itu aku berharap semoga masyarakat di Banten bisa menjaga lingkungan di pinggir - pinggir laut yaa kalau bisa sih menjaga lingkungan di sekitar kita juga agar lebih indah dan enak dipandang. Kalau gitu kan jadinya tidak hanya masyarakat Banten saja yang senang, tetapi turis - turis dan yang di luar Banten pun ketika mengunjungi pantai di Banten ya bisa menikmati keindahan pantainya juga dongg.. contohnya seperti foto di bawah ini 👇


Gambar dari anekatempatwisata.com

Itu lah teman - teman harapanku untuk banten, kalau harapan kalian untuk banten apa sih? tulis di kolom komen juga yaaa.. ga kerasa yaa ternyata aku cerita banyak sekali kayaknyaa udah dulu yaa? kebetulan waktu aku nulis ini tengah malem guys.. jadii aku ngantukk deh mau tidur hihihi, kalian jangan lupa jaga kesehatan yaa, oiyaa bantu doain juga yaa semoga harapanku untuk banten bisa terealisasikan, aamiin.

Sekian dari aku yaa guys, sampai bertemu ditulisanku selanjutnyaa👋👋 i hope you like it guys, byeee.

sumber:
https://www.tribunnews.com/nasional/2021/08/16/mengenal-sejarah-suku-baduy-tempat-tinggal-hingga-tradisi
wikipedia

Comments

Popular posts from this blog

TUGAS 2 - MK STUDI KEBANTENAN